Tangki Vakum (Bensin Tidak Turun Ke Karbu)

Banyak kejadian aneh, jika memiliki motor yang jarang berkeliaran (rare bikes)…tentunya perlu perhatian ekstra dan kasih sayang yang lebih dibanding motor yang lain.

Contohnya adalah Cagiva Planet, ketika motor ini diboyong dari pemilik kedua (gue pemilik ke tiga) motor selalu mogok, tunggu beberapa saat, coba starter kembali kemudian jalan beberapa ratus meter langsung mogok kembali…

Dicek kelistrikan terlebih dahulu (berdasarkan pengalaman merawat Cagiva Mito sebelumnya, motor ini paling sering bermasalah di kelistrikan. Kiprok tidak mengisi ke Accu, akibatnya tentu fatal jika Accu lemah maka CTS bisa tidak hidup dan tidak bisa starter!!!. Konyolnya motor ini tidak ada engkol apalagi dengan bobot motor yang lebih berat dari Kawasaki Ninja RR. Hal ini akan jadi sangat konyol jika harus melakukan “stut” motor ini sendirian…seperti mendorong kerbau😀

Lanjut ke permasalahan mogok tadi,  kecurigaan muncul karena bensin di tangki tidak turun ke karbu (indikasinya adalah gue harus menunggu sekian menit agar bensin bisa turun ke karbu untuk kemudian bisa jalan sementara atau pas mengucurkan bensin ke dalam ember, debit keluarnya bensin tidak lancar).

Operasi Cagiva Planet langsung dilakukan, buka Tangki (kuras, cek selang bensin, filter) semua dalam kondisi baik, kecurigaan lagi muncul dari tutup tangki, sepertinya ada yang mengganjal aliran udara. Yup ternyata kecurigaan ini benar!!! ada semacam bola timah yang sangat kecil menghalangi aliran udara dari luar ke dalam tangki…akhirnya setelah tutup tangki dibersihkan dan dipasang kembali Cagiva Planet langsung diuji coba ke kawasan Puncak Bogor, dan hasilnya…sungguh sangat lancar.

One thought on “Tangki Vakum (Bensin Tidak Turun Ke Karbu)

  1. Pernah ngalami sekali dg N250R, solusinya buka tutup tangki beberapa saat, tutup kembali & jalan. Tips ini saya dapatkan dr baca2 di forum ninja community. Untungnya cuma sekali itu ngalami, setelah itu ga pernah lagi kejadian.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s