Kursus Mengemudi, Penting gak Penting!!!

Tergugah akibat membaca blog mitra tentang kursus mengemudi, hanya kejar keuntungan semata

ada beberapa hal yang saya sangat setuju…berdasarkan pengalaman pribadi, saya juga pernah ikut kursus mengemudi di salah satu tempat kursus di daerah bogor…Ok berikut sedikit pengalaman yang bisa saya berikan.

Kursus mengemudi yang didapat yaitu sekitar 8 jam dan dibagi ke dalam beberapa pertemuan (saya sendiri mengambil 2 kali pertemuan, pertama 6 jam dan kedua 2 jam) dengan kisaran harga 500 rb rupiah. Sebetulnya pada saat itu saya sudah cukup lancar dalam membawa mobil, hanya saja…saya selalu “nyeker” saat menyetir mobil sehingga orang tua pada saat itu kesal dan bilang “nanti kamu kalau ke kondangan masa harus buka pasang sepatu, malu-maluin saja” akhirnya saya disuruh untuk pergi ke tempat kursus mengemudi dan belajar mengemudi dengan menggunakan sepatu…

Ok, pertemuan pertama…instruktur pertama saya adalah seorang supir tembak dan bukan karyawan dari kursus mengemudi, yup ini saya ketahui setelah berbincang-bincang cukup lama dengan sebut saja Pak M, dia membawa saya pertama kali ke lapangan kosong disitu saya dikenalkan dengan letak kopling, rem, gas, setir, perseneling, lampu dan lain-lain…ternyata di mobil buat kursus ada satu tuas tambahan yaitu berupa rem untuk menghentikan mobil jikalau mobil meluncur tidak terkendali.

Setelah pindah posisi, starter mesin dan jalan…sedikit ngejedug pas lepas kopling karena masih pake sepatu😦 tapi mesin mobil tidak mati, akhirnya minta ijin ke Pak M, untuk lepas sepatu…dan mobil pun jalan dengan lancar…tidak sampai 5 menit di lapangan…langsung turun ke jalan dan kecepatan kendaraan tidak boleh lebih dari 40 km/jam…keliling kota bogor sampai bosan, pasang sepatu dan coba lagi akhirnya dibawa ke daerah sempit dan banyak tanjakan terjal di daerah cinangneng bogor (pokoknya ini daerah terpencil sampai sinyal HP pun tidak ada), melewati kemacetan parah ternyata setelah belajar sekitar 5 jam, sudah mulai terbiasa pakai sepatu hehehe…tidak sesulit yang dibayangkan😀.

Pak M, hanya mengajarkan…cara mengendarai mobil, tidak mengajarkan tentang rambu-rambu lalu lintas & safety driving

Ok, lanjut ke hari ke 2, di 2 jam terkahir ini…instruktur di ganti oleh orang lain yaitu sebut saja Pak T (seorang instruktur resmi kursus mobil yang konon katanya telah melatih ratusan orang mengemudi)…ternyata pak T ini pun tidak lebih baik…bahkan lebih buruk dari Pak M karena,

  1. Instruktur tidak menggunakan seatbelt
  2. Instruktur mengangkat kaki sebelah kiri ke atas jok (seolah-olah sedang makan di warteg)
  3. Instruktur grasak-grusuk…(menerobos lampu merah, masuk tikungan tidak berhenti dahulu, padahal lalu lintas lagi lumayan padat)
  4. Tidak mengajarkan tentang rambu-rambu lalu lintas & safety driving
  5. Sombong!!!, ya…mungkin instruktur ini sudah melatih banyak siswa mengemudi, tapi dari yang saya tangkap…instruktur ini tidak lebih dari supir angkutan umum yang sama rusuhnya!!!

Yup, itulah sekelumit pengalaman saya dahulu dalam mengikuti kursus…saran saya adalah “Jangan ikut kursus kalau anda benar-benar masih nol dan tidak tahu cara mengendarai mobil” kenapa? anda akan rugi waktu dan uang, jika sudah memiliki mobil sendiri, bawalah mobil anda ke lapangan kosong ditemani kakak/orang tua/teman dan belajar instrumen di kendaraan serta cara mengatur gas dan kopling yang “halus”…jika dirasa sudah cukup bisa dilanjutkan dengan tahap “melancarkan” dengan membawa ke jalan umum (disini saya menyarankan menggunakan mobil kursus, kenapa? karena ada instruktur yang akan ikut membantu mengerem jika sesuatu terjadi di jalan dan tentunya andapun belum punya SIM A bukan? sehingga bawa mobil sendiri ke jalan umum jika terjadi sesuatu sudah pasti akan disalahkan karena belum punya SIM A sudah berani meluncur ke jalan ya tho?)

29 thoughts on “Kursus Mengemudi, Penting gak Penting!!!

  1. Saya juga mau sharing ttg kursus mengemudi..saya daftar kursus mengemudi di warung jambu bogor yg nama tempat kursusnya mirip nama sinter klas..saya ambil kursus mengemudi mobil matic,dgn jadwal 8 jam,3 kali pertemuan,pertemuan pertama 4 jam,pertemuan berikutnya 2 x 2 jam,biaya 700rb,dgn instruktur Mr.E..pertemuan pertama,saya rasa cara mengajarnya ya standard,pertama pengenalan,lalu hal2 yg dasar sampai akhirnya turun ke jalan,setelah beberapa lama,si instruktur menawarkan untuk turun ke jalan tol sentul,tapi dengan syarat tambah uang bensin 30ribu,saya pikir lumayan buat belajar di jalan tol,tapi anehnya beli bensin tidak di pom bensin,jadi saya menyerahkan uangnya saja ke bpk instruktur saat jam kursus selesai (masih didalam mobil) jadi saat selesai saya memberikan uang rokok alias tips sebesar 20rb + diminta uang bensin 30rb jadi total 50rb..lalu pertemuan kedua, saat akan mulai kursus, saya mengeluh panas,(jadi memang saat belajar pertemuan pertama ac tidak dinyalakan) lalu si pak instruktur menawarkan ” mau pake ac??” Saya menjawab “boleh”..nah yang saya mulai illfillnya saat selesai pertemuan kedua, saya memberikan uang tips 20rb, saya pikir sudah, tapi saya ternyata diminta uang ac sebesar 20rb..disitu saya merasa dipermainkan..pertemuan ketiga saya tidak datang..kiranya sharing saya ini bisa menjadi pelajaran buat teman2 yg ingin kursus mengemudi,pilihlah tempat kursus yg benar,dan saat pendaftaran ditanyakan benar2 apakah biaya sdh mencakup semua (spt bensin,ac,dll)

    1. wah, padahal dilaporkan saja bro. saya pun menggunakan tempat kursus yg sama tapi ambil yang di daerah sukasari😀. dan di akhir latihan kita bisa mengisi kartu “kesan” tentang instruktur yang mengajar.

  2. Halo mas Ahmad dan rekan-rekan sekalian, memang banyak kursus mengemudi yang “mebodohi” dan “memeras” studentnya.. jadi saya sebagai seorang pemilik kursus mengemudi RDC (http://www.kursusmengemudi.com) ingin menyarankan bagaimana untuk memilih kursus mengemudi yang baik dan professional:

    1. Jangan tertipu oleh harga program kursus yang murah, hitung kembali biaya2 yang tidak tercantum di brosur, seperti tips instruktur, AC, bensin, dll.. pastikan pilih yang harganya sudah all in dan tips tidak diharuskan namun hanya disarankan, karena biar bagaimanapun yang namanya tips itu sesuai dengan kerelaan dan kepuasan anda.

    2. Lihat durasi pelatihan per sesi, jangan tertipu oleh sesi praktek yang terrlihat banyak, misalnya ada promosi 300rb untuk 6X praktek, kalau kita tidak jeli biasanya kursus mengemudi menerapkan 30 menit untuk 1 sesi, atau di promosi tadi anda hanya belajar 3 jam, jadi pilih yang hitungannya jam pelatihan.

    3. Lihat kurikulum & silabus program pelatihan. Apakah disana terdapat pengetahuan tentang meminimalisir resiko mengemudi, dengan selalu dapat mengidentifikasi, mengantisipasi dan menghindari setiap potensi laka, positif attitude saat mengemudi dan tentang UU lalu lintas, secara lengkap, bukan sekedar sempilan selama praktek. Jadi tidak hanya hard skill yang diajarkan namun juga soft skill

    4. Pastikan di awal anda praktek dimulai dari lapangan, karena kalau dimulai langsung dari jalan raya, anda sedang dibodohi oleh kursus mengemudi tersebut. di mobil praktek terdapat dual control yang tujuan utamanya adalah untuk mengontrol kendaraan saat emergency namun kebanyakan instruktur yang mengontrol laju kendaraan, jadi saat anda langsung mulai di jalan raya sebenarnya instrukturlah yang mengemudikan kendaraan tersebut bukan anda. Artinya anda tidak belajar mengemudi hanya menyewa mobil😛

    6. Pastikan intruktur kursus mengemudi memberikan PR untuk pelancaran apa yang kurang saat sesi praktek kursus mengemudi di kendaraan pribadi anda, hal ini dapat membuktikan bahwa anda benar-benar bisa mengemudi bukan rekasaya instrukturnya. Serta terdapat sistem assessment dan penilaian yang jelas.

    Oleh karena hal tersebut diatas kami memiliki misi untuk menghadirkan sebuah kursus mengemudi yang profesional yang bukan sempilan dari biro jasa SIM namun sebuah training centre yang tidak hanya mengajarkan tentang keterampilan mengemudi, namun juga pola sikap mengemudi yang aman dan berfokus pada keselamatan berkendara.

  3. sama gan,, sy br belajar barusan d kursus mengemudi,, saya kira kan dilalayani dgn sopan,, ehhh ternyyyta tu bpk judes abis,, TAIII anjing tu bpk,,
    serasa ga nyaman hati ni belajar mw nonjokin tu bpk di samping
    klo kek gni gw nyesel gan ikut kursus n udhh bayar lge

  4. berdasarkan pengalaman saya pernah belajar mengemudi di bogor yg mungkin sama dengan kalian sinterklas itu siih cukup lumayan bgs dg tarif 600.000 dg 2jam selam 4x praktek n bonus teori rambu lalulintas dan perawatan kendaraan membuat sy byk mengerti n memahami bahwa les mengemudi itu ternyata butuh wkt n jam terbang yg byk itu kita ga cm sekedar tahu tp betul betul paham bgmn mengemudi yg benar.saran dari sy alangkah baiknya utk les spt di luar negeri sekitar 50 jam krn dg les hny 8 jam tdklah ckp wkt kita utk memahami kemacetan ,medan jalan,tanjakkan, tikungan,parkir juga rambu rambu yg hrs kita patuhi.dan baiknya juga lho kl smua pengemudi dpt mengendarai dg jam khursus yg byk membuat pemakai jln jd tertib n benar.sy setuju apabila pemerintah menerapkan sistem uji coba tes sim krn seringkali ga cm kendaraan umum tp pengemudi mobil pribadipun menyetirnya tdk taat n ugal ugalan.saran sy bagi yg blum dpt mengemudi utk khursus aja krn sy dl pernah di ajari oleh teman yg ada materinya tdk tersusun dan ketika di ajari ortu yg ada jd selisih paham krn bkn sbg jiwa pengajar n ngajarnyapun tdk sungkan sungkan memarahi/ngomeli sy ,menurut sy mengenai tarif di indo tdk mahal krn kita menuntut ilmu utk selamanya n mengenai tips zaman skrg hr gini pastilah smua serba tips.indo gt lho di pasar di jln di bandara di manapun serba tips.tips merupakan kerelaan n kebijaksaan.
    mengenai guru pengajar saran sy sih sebaiknya melalui referensi teman krn dlm satu company blum tentu semua pengajar kita cocok krn lain karakter dg kita sbg siswa.wkt sy les di sinterklas siih dpt referensi dari teman sy yg pernah les juga belajar smp ke puncak jd sy cb ehh ga tau nya memang asyik juga

  5. FYI, kami telah buka cabang di Bogor, tepatnya di Jl. Pajajaran No. 21 Bogor. Jadi kalau ingin merasakan kursus mengemudi yang terbaik silahkan hubungi 0251 9196999

    1. saya sdh mempunyai mobil sendiri tp blm berani utk ke jalan yg ada dalm keramaian dan jalan sempit dan tanjakan sdg kan klu aku ingin pergi slalu adik ipar ku terus yg mengemudi nya aku spi malu dgn keluarga istri ku selalu mengejek ku sapa nya ke aku utk apa punya mobil klu belum bisa mengemudi nya.aku mhn dan tanggapan bagaimana solusih nya.tks

  6. kisahnya rada mirip kayak gw nieh
    gw ikut kursus mengemudi buat ngelancarin aja
    bokap gw sibuk jadi gak bisa bantu ngelancarin
    akhirnya gw ikut les mengemudi

    instrukturnya itu loh sombong abis
    ane lagi jalan enak2 slow tiba2 d pencet kopling
    padahal gak ada apa2
    trus dia bilang gini “gas nya bisa pelan pelan gak?”
    mungkin dia kira ane masih baru bisa kali ya jadi gak boleh rada narik haha

  7. sebenarnya belajar mengemudi itu menjadi mudah bila keinginan itu sangat kuat, jadi kalo belajar mengemudi waktu tdk bisa di patok sekian jam pasti bisa,
    smua itu relatif dan tergantung dari instruktur dan murid. murid punya keinginan yg kuat utk bisa mengemudi plus instruktur yg baik dan sabar, hanya bbrp hari saja sdh bisa bawa mobil dgn baik. ini adalah pengalaman sy waktu menjadi instruktur.

  8. shitt,, ternyata bner dugaan ayah saya mengenai trik trik d tempat les mengemudi. Awalnya saya ikut les mengemudi, bener2 dari nol, prtemuan pertama langsung d jln raya laitihannya. Saya heran, apa berani prtama kali nyetir langsung d jln raya? kata instrukturnya gak apa apa kok. Ya udah saya ikut aja, nah dia mulai mengenalkan semua komponen mobil , mulai dr gas, kopling, rem,dll. Setelah itu saya langsung dsruh injek kopling masuk gigi injek gas, awalnya saya takut, karena ini d jln raya dan saaya bner2 blm prnh nyetir, dan ternyata stelah saya injek gas mobilnya jalan, stabil banget malah.. instrukturnya terus blg “bagus, bagus, pinter!” saya PD dong,, karena dia blg gtu… oke hri latihan prtama selesai dengan kesan yg menyenangkan. Sorenya saya coba prakter pke mobil dirumah, bru mau injek kopling masuk gigi injek gas mobil lgsg loncat n gak stabil trus mesin mati. Ayah saya heran dong, karena saya cerita waktu les mengemudi semuanya lancar-lancar aja. Ternyata selama saya les mengemudi tadi itu, semuanya instruktur yg ngendaliin saya hanya main di strir aja,,, ohh shitt.. gak lagi2 deh ikut les mengemudi itu. akhirnya saya mulai latihan di lapangan dibantu sama ayah saya. Bener2 mulai dari nol. Dan selalu gak bs stabil saat angkat kopling injek gak, klo gak mesin mobil mati, pasti mobilnya loncat.. fiuuhh… nyetir itu gak mudah, tapi kalo dilatih tiap hari tentunya dengan orang yg profesional pasti bisa… semangat semua buat yg lg belajar nyetir seperti saya…

  9. just share… Alhamdulillah saya alumni Eka Jaya Berrindo http://www.ekajayaberrindo.com sebelum ke jalan, coba dulu pengenalan indikator dll di simulator, udah enak baru ke jalan raya, trus ada kesempatan latihan di sirkuit edukasi, ga sampe disitu saya dapat materi peraturan lalin, etika, bahkan pengenalan teknologi kendaraan keseharian biar ga gaptek, alhasil alhamdulillah maknyoss😉

  10. ane mau bljr mengemudi ni shop tp blm prnh bljr sebelum nya
    menurut ane2 gue harus gmna ni
    kasih saran dong ke ane mana tau saya bsa bljr ya kan

  11. Opik, gw punya pengalaman juga niy ama salah satu kursus mengemudi di Bogor, terkaget2 karena baru hari pertama udah disuruh muterin jalan raya yang padat pula. Sampe berpikir kok ternyata bawa mobil mudah ya, eh tahunya ternyata kopling dan rem nya dia yang atur…Tapi terus terang, sekarang nyari lapangan kosong dan lega di Bogor sekarang udah susah. Jarang banget nemuin lapangan kosong dekat rumah niy..😀
    Akhirnya gw belajar pelan2 di sekitar komplek aja dulu pake gigi 1 atau 2 hehehe…

  12. Saya dari salah satu kursus mengemudi di daerah cinere dengan cabang di depok, bintaro, bogor dan sekitarnya, saya gak ngasih janji hanya ingin membuktikan bahwa tidak semua kursus mengemudi seperti itu, kami berpengalaman sejak th 1993, alhamdulillah tidak seperti yang kalian bicarakan, buktikan dan saya jamin uang kembali 100% jika anda tidak nyaman, makasih
    Sugiyanto (021) 68204465
    Tesa Febriyanto 085695225275
    Kebutuhan anda pioritas kami, kami tidak memberi janji tapi tapi bukti, terimakasih

  13. semua tempat kursus juga pasti menjajkan yg terbaik tapi secara umum ya gitu janji doang,buat yg penah mengalami bagus deh klu masih mau shar di sini biar yg lain pada tau…. good luck,,,

  14. Mhn ijin gan.
    Kursus mengemudi itu sangat penting.
    Krn kita akn tau tentang cara berkendara yg baik dan benar sesuai SOP. “Asal jangan salah pilih tempat kursus”.
    Mengingat volume kendaraan terus bertambah dan angka kecelakaan terus meningkat, maka pentingnya keselamatan.
    Berdasarkan catatan WHO
    Indonesia mendapat peringkat ke lima dunia yg nilai kecelakaanya tertinggi.
    Buat Sob. Tetap berhati – hati ketika berkendara di jalan raya.
    Jadilah pelopor keselamatan berlalu lintas.
    Dan budayakan keselamatan sebagai kebutuhan.

  15. Yasudah saya mau belajar pakek mobil panther tua milik bapak aja dulu😀
    Kok jadi gk yakin mau kursus mengemudi

Tinggalkan Balasan

